Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Windows Cannot Be Installed To This Disk. The Selected Disk is of The GPT Partition Style

Cara mengatasi Windows Cannot Be Installed To This Disk. The Selected Disk is of The GPT Partition Style -  Terkadang ada saja masalah yang muncul ketika kita hendak melakukan instal ulang windows pada laptop maupun komputer. meskipun kita sudah yakin mengikuti tutorial cara memasangnya, terkadang hal ini masih saja terjadi. ya, permasalahan yang ditandai dengan pesan error "Windows Cannot Be Installed To This Disk. The Selected Disk is of The GPT Partition Style" biasanya terjadi ketika kita ingin instal ulang windows. baik itu windows 7,8 maupun windows 10. jika eror ini dibiarkan, tentu kita tidak dapat segera melakukan instal ulang dengan benar.


Ada beberapa cara mengatasi error "Windows Cannot Be Installed To This Disk. The Selected Disk is of The GPT Partition Style" yang bisa kamu lakukan agar permasalahan ini bisa selesai. untuk yang selengkapnya, silahkan simak tutorial yang sudah admin rangkum dibawah ini :




Langkah Pertama - Convert MBR ke GPT dengan CMD


  1. Cadangkan atau pindahkan dahulu data pada disk MBR yang ingin Anda ubah menjadi disk GPT.
  2. Buka prompt perintah yang dengan mengklik kanan Command Prompt dan kemudian memilih Jalankan sebagai Administrator.
  3. Ketik bagian disk. Jika disk tidak berisi partisi atau volume apa pun, lewati ke langkah 6.
  4. Pada prompt DISKPART, ketik daftar disk. Catat nomor disk yang ingin Anda konversi.
  5. Pada prompt DISKPART, ketik pilih disk <disknumber>.
  6. Pada prompt DISKPART, ketik clean.
  7. Pada prompt DISKPART, ketik convert gpt.


Langkah Kedua - Ubah Boot ke UEFI Mode

Solusi ini tidak berlaku secara universal. Mengapa? Itu karena tidak semua komputer memiliki firmware yang kompatibel dengan UEFI dan BIOS. Meskipun sebagian besar desktop dan laptop yang menjalankan Windows 10 memiliki motherboard berbasis UEFI dengan mode kompatibilitas BIOS lama, ada beberapa harapan. Komputer lama yang menjalankan Windows 7 hanya mendukung mode BIOS lama dan Surface Pro terbaru hanya mengizinkan mode UEFI.

Ketika Anda menerima "Windows Cannot Be Installed To This Disk. The Selected Disk is of The GPT Partition Style", ini menunjukkan bahwa komputer Anda saat ini di-boot di BIOS lama. Untuk boot ke UEFI, Anda perlu memeriksa apakah firmware mendukung UEFI di BIOS dan kemudian mengubahnya jika mode tersedia.

Cara mengubahnya adalah sebagai berikut ini :



  1. Shut down komputer.
  2. Nyalakan sistem. Setelah logo muncul, tekan tombol BIOS, baik itu Esc, Delete, F1, F2, F10, F11, atau F12, untuk masuk ke BIOS. (Umumnya, layar komputer akan menunjukkan kepada Anda apa kunci BIOS itu.)
  3. Gunakan tombol panah untuk memilih dan masuk ke tab "Boot".
  4. Gunakan panah bawah untuk memilih UEFI.
  5. Simpan perubahan dan keluar dari BIOS.
  6. Lanjutkan penginstalan Windows.
  7. Boot ke BIOS lama atau UEFI


Jika mode UEFI tidak tersedia, berarti komputer Anda hanya mengizinkan mode BIOS. Dalam situasi seperti itu, Anda hanya dapat mengubah GPT ke MBR untuk memperbaiki kesalahan "Windows tidak dapat diinstal ke disk ini".


GPT adalah bagian dari standar UEFI, yang berarti sistem berbasis UEFI harus diinstal pada disk GPT. Secara teoritis, gaya partisi GPT memungkinkan Anda membuat partisi tanpa batas dan memungkinkan Anda untuk sepenuhnya menggunakan disk yang lebih besar dari 2 TB. Selain itu, bandingkan GPT dan MBR, GPT lebih aman dan memiliki kompatibilitas yang lebih baik dengan perangkat keras modern.


Posting Komentar untuk "Windows Cannot Be Installed To This Disk. The Selected Disk is of The GPT Partition Style"