Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

100% BERHASIL !! Cara Mengatasi Windows Boot Manager error 0xc000000e

Cara Mengatasi Windows Boot Manager error 0xc000000e baik pada windows 7,8 maupun windows 10 sebenarnya cukup mudah. kode error ini sendiri muncul saat kita ingin melakukan booting komputer namun gagal. hal ini biasanya menunjukkan adanya file yang korup pada " boot configuration data ". Anda akan mendapatkan kesalahan ini ketika mencoba mem-boot perangkat Anda, dan Anda akan disajikan dengan layar hitam yang memberi Anda petunjuk tentang cara memperbaiki komputer Anda menggunakan disk instalasi atau drive pemulihan.

Sayangnya, memiliki drive pemulihan itu adalah satu-satunya cara Anda akan menyelesaikan masalah ini, jadi Anda harus mendapatkannya sebelum memulai. Jika Anda tidak memilikinya, cukup mudah untuk membuatnya menggunakan alat Rufus atau Windows Media Creation dari PC atau Laptop lain. Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasi permasalahan " Windows Boot Manager error 0xc000000e " ini. seperti yang sudah admin rangkum yang selangkapnya dibawah ini : 


Langkah Pertama - Rebuild the Boot Configuration Data

Untuk melakukan ini, Anda perlu mem-boot komputer Anda dari drive pemulihan. Jika Anda telah mengonfigurasi BIOS Anda dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol apa saja setelah prompt muncul di layar Anda. Setelah komputer di-boot dari drive pemulihan, gunakan langkah-langkah berikut untuk membangun kembali BCD :




1. Di kotak dialog Pengaturan Windows, atur semuanya ke nilai yang sesuai, pilih bahasa Anda dan klik

2. Di sudut kiri bawah, klik Perbaiki komputer Anda, dan pilih untuk Memecahkan Masalah dari layar Pilih opsi.

3. Di layar Troubleshoot, klik Advanced Options, dan klik Command Prompt.

4. Saat Command Prompt terbuka, ketik perintah berikut, tekan Enter pada keyboard Anda setelah masing-masing perintah tersebut:

bootrec / scanos

bootrec /fixmbr

bootrec /fixboot

bootrec /rebuildbcd

5. Nyalakan ulang komputer Anda, dan seharusnya komputer anda sudah bisa melakukan booting dengan normal lagi.



Langkah Kedua - Repair OS dengan Recovery Drive

Metode ini juga akan memperbaiki OS Anda dengan command prompt dari drive pemulihan, dan Anda seharusnya dapat boot ke Windows tanpa menghadapi masalah lagi. Boot dari drive pemulihan, dan ikuti instruksi di bawah ini.


1. Gunakan langkah 1 hingga 3 dari metode sebelumnya untuk membuka Command Prompt dari drive pemulihan.

2. Setelah berada di dalam Command Prompt, ketik perintah di bawah ini, diikuti dengan Enter pada keyboard Anda untuk menjalankannya. Utilitas StartRep.exe mengoreksi nilai lingkungan boot dan harus memperbaiki kesalahan BCD. Perhatikan bahwa Anda mungkin perlu mengulangi langkah ini beberapa kali jika gagal.

cd x:\sources\recovery

StartRep.exe

3. Jika langkah perbaikan Windows sebelumnya tidak membantu, ketik bcdedit di Command Prompt, untuk melihat nilai untuk Windows Boot Manager.

4. Perhatikan nilai untuk Perangkat. Jika tidak diketahui, ketik perintah berikut, masing-masing diikuti oleh Enter untuk menjalankannya. Perhatikan bahwa Anda harus mengganti C: dengan partisi tempat sistem operasi Anda diinstal, jika perlu.

bcdedit /set {DEFAULT.EN_US} device partition=c:

bcdedit /set {DEFAULT.EN_US} osdevice partition=c:

bcdedit /set {BOOTMGR.EN_US} device partition=c:

5. Ketika Command Prompt selesai, tutup, lepaskan drive pemulihan dan reboot sistem Anda. Seharusnya tidak ada masalah saat boot sekarang.



Langkah Ketiga - Aktifkan Windows 10 WHQL Support di BIOS

Pengaturan Dukungan WHQL Windows 10 ada di beberapa OEM. Ini memiliki dua fungsi dasar: memeriksa driver yang ditandatangani selama proses boot dan memungkinkan Anda untuk mengaktifkan dukungan UEFI. Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda harus mengaktifkannya dan kemudian komputer Anda dapat melakukan booting secara normal. Namun, jika tidak dipilih, komputer Anda mungkin melakukan boot ke kesalahan 0xc000000e. Jadi, Anda dapat mengakses BIOS untuk melihat apakah pengaturan Dukungan Windows 10 WHQL diaktifkan. Jika tidak, aktifkan untuk mencoba.

Anda harus mencatat bahwa pengaturan Dukungan WHQL Windows 10 tidak didukung di semua komputer. Jika komputer Anda tidak memilikinya, Anda dapat memeriksa apakah dukungan UEFI diaktifkan di komputer Anda. Jika tidak, Anda dapat mengaktifkannya untuk melihat apakah kode kesalahan 0xc000000e hilang. Untuk mengaktifkannya:


1. Matikan komputer Anda lalu biarkan selama setidaknya beberapa menit.

2. Setelah memastikan waktu yang cukup telah berlalu, nyalakan kembali komputer dan Anda akan melihat opsi "Tekan Tombol ini untuk boot ke Mode Bios".

3. Tekan tombol untuk boot ke mode Bios.

4. Setelah berhasil booting di dalam mode Bios, periksa apakah ada pengaturan Windows WHQL di Bios.

5. Jika ada, tekan "Enter" untuk memilihnya setelah menyorotnya menggunakan tombol panah, dan pilih opsi "Diaktifkan" untuk mengaktifkannya di komputer Anda.









6. Done !! silahkan coba booting dan lihat apakah sudah bisa fix atau belum.





Demikianlah ketiga Cara Mengatasi Windows Boot Manager error 0xc000000e yang bisa kalian coba untuk menyelesaikan permasalahan ini. silahkan ikuti ketiga langkah yang sudah admin tulis diatas dengan pelan-pelan dan teliti agar tidak terjadi kesalahan saat eksekusi. jika, setelah mencoba ketiga langkah diatas namun error masih saja muncul. silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah. Terima Kasih.

Posting Komentar untuk "100% BERHASIL !! Cara Mengatasi Windows Boot Manager error 0xc000000e"